0853 5907 94xx

Pin BB: 7E5ABB37

Indahnya berbagi dan belajar bersama

Selamat Datang di MBKaos.com

Semoga apa yang ada disini berguna dan bermafaat bagi sobat-sobat...

Monday, November 5, 2012

Asal-Usul Penamaan Kaos Raglan


Pernah lihat kaos raglan gak? pastinya bagi pecinta dan kolektor kaos, jenis kaos raglan ini sudah sangat tahu betul. Kaos raglan merupakan salah satu jenis kaos yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. keunikan tersebut berupa potongan diagonal berbeda warna yang terdapat pada bagian lengan kaos. Kaos raglan ini dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu tipe lengan pendek, lengan 3/4 dan lengan panjang. Awal mulanya kaos raglan ini digunakan untuk pakaian olahraga, khususnya baseball atau kasti. Makanya kaos raglan ini sering juga disebut dengan kaos baseball karena identik dengan olahraga tersebut.


Asal-usul penamaan raglan ini diambil dari nama seorang serdadu Inggris, Fitzroy James Henry Somerset yang berasal dari sebuah desa kecil di Inggris bernama "Raglan". Nah, saat terjadi peperangan antara Inggris melawan Perancis yang juga dikenal dengan nama "Perang Waterloo" atau "The Battle of Waterloo", Fitzroy ini mendapatkan luka 5 tusukan pada lengannya sehingga mau tidak mau akibat luka tersebut tanggan Fitzroy harus di amputasi. Kehilangan sebelah tanganya tidak melemahkan perjuangan Fitzroy, ia tetap semangat melanjutkan pertempuran.


Setelah tidak lagi terjun lagi ke medan perang, Fitzroy belajar menulis dengan menggunakan tangan kirinya dan berkarir sebagai adminstratif di pemerintahan Kerajaan Inggris kala itu. Karena jasa-jasa nya semasa perang, ia pun diberi gelar kehormatan "The 1st Baron of Raglan" yang berarti "Baron dari desa Raglan" oleh Kerajaan Inggris. Gelar "Baron" adalah gelar kehormatan yang diberikan pihak Kerajaan Inggris kepada orang yang dianggap berjasa untuk negara.

Walaupun harus merelakan kehilangan satu tanggannya, Fitzroy Sang Baron tak cepat berputus asa. Ia bangga karena telah berjuang dan mengabdi untuk tanah airnya. Semasa hidupnya, Fitzroy sangat suka menggunakan mantel dengan model jahitan tangan yang mirip dengan kaos raglan yang sekarang. Oleh karena itu, model kaos raglan yang kita lihat dan kenal sekarang diberi nama "Kaos Raglan" yang merupakan nama desa asalnya Fitzroy sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

Nah, begitulah sejarah singkat asal-usul penamaan kaos raglan. Terima kasih sobat sudah membaca artikel sederhana ini. Semoga ada mamfaatnya.

7 comments:
Write komentar
  1. MENAMBAH PENGETAHUAN... KEREN...

    ReplyDelete
  2. artikelnya keren,,bermanfaat bagi para pencinta kaos,,jadi tahu kaos reglan,,,terimaksih

    ReplyDelete
  3. wah, makasih infonya. kebetulan saya jualan kaos raglan,tapi g ngerti maksudnya bisa dinamai kaos raglan.. banyak konsumen yang nanyain. makasih yaa

    ReplyDelete
  4. thanks gan ane jadikan referensi ya.. untuk pengertian kaos raglan

    ReplyDelete
  5. jadi raglan itu nama kota yah...?

    ReplyDelete

isi dong

Helo sob, we'terima kasih sudah berkunjung ke blog mbkaos.com ini. Semoga postingan disini bermamfaat
Join Our Newsletter